Rabu, 13 April 2016

BELAJAR INVENTOR

PART



A.  Mode Sketch

Setiap kali membuat komponen tunggal (Part), yang pertama kali aktif adalah mode Sketch. 
Untuk membuat bentuk komponen kita harus mengawalinya dari sketch. Secara otomatis Inventor akan membuka pada Sketch1 ketika kita membuat file Part. Hasil akhir yang diharapkan dari sebuah Sketch adalah bentuk profil (area, luasan)  tertutup  yang  nantinya  dapat  diberikan  Part  Feature  untuk membentuknya menjadi Part (3 dimensi).


  B.  Tampilan Browser Bar

Pada browser Bar, dimana Sketch1 berwarna terang menunjukkan sedang aktif. Setelah Sketch ini diberikan fitur Part, maka otomatis Sketch akan dikonsumsi dan menjadi bagian dari fitur
Part.

Di setiap Mode Sketch akan terdapat bantuan berupa sumbu dan bidang Origin yang letaknya tetap. Terdapat tiga bidang utama yang merupakan persilangan dari dua sumbu, yaitu bidang YZ, XZ dan XY sebagai acuan bidang Sketch. Untuk membantu pembuatan bentukbentuk geometri, selain bidangbidang tersebut di atas terdapat pula sumbu X, Y dan Z dan juga titik pusat (center point). End of Part merupakan pembatas dari proses atau anggota yang didaftarkan pada Browser Bar. Apabila kita memindah Sketch atau fitur ke bawah End of Part, maka Sketch atau fitur tersebut akan tidak aktif dan dianggap tidak ada.


C.  Tampilan Sketch Panel Bar

Untuk Mode Sketch, Bar menampilkan 2D Sketch Panel yang berisi perintah-perintah pembuatan Sketch bentuk geometri. Shortcut keyboard untuk mempercepat pelaksanaan perintah (command) ditampilkan disebelah command yang bersangkutan.
2D sketch panel digunakan di Modeling Environment untuk membuat sketsa 2D Parametric, Dimension, dan Constraints. Tools yang sama dapat digunakan pada Assembly Sketch Panel saat membuat sketsa di-Assembly Environment.



1.  Kelompok Command Draw


Line                            : Berfungsi untuk membuat garis lurus. Command ini dapat diganti dengan dropdown menjadi perintah Spline (kurva).
Circle                         : Berfungsi   untuk   membuat   lingkaran.   Terdapat pilihan Center Point Circle untuk membuat lingkaran dengan menentukan pusat dan radiusnya; Tangent Circle untuk membuat lingkaran yang menyinggung tiga buah garis; dan Ellipse untuk membuat bentuk elips dengan menentukan titik pusat dan sumbunya.
Rectangle                  : Berfungsi untuk membuat bentuk persegi. Terdapat pilihan Two Point Rectangle untuk membuat persegi panjang dengan menentukan dua titik pada diagonalnya; dan Three Point Rectangle untuk membuat  persegi  dengan  menentukan  tiga  titik pada sudut-sudutnya.
Fillet                           : Berfungsi  untuk  memberikan  Radius  (Fillet)  atau

Chamfer pada sudut suatu bentuk geometri

Point, Hole Center     : Berfungsi untuk menggambar titik atau menentukan titik referensi pembuatan lubang.
Polygon                     : Berfungsi   untuk   membuat   segibanyak,   dengan pilihan Inscribed (menyinggung lingkaran di dalam) dan Subscribed (menyinggung lingkaran di luar).
2.  Kelompok Command Modifikasi


Mirror                    : Digunakan untuk membuat bentuk geometri yang dicerminkan dari bentuk yang dipilih dengan menentukan garis pencerminan.
Rectangular Pattern  : Digunakan  untuk  membuat  pola  persegi  dengan

duplikasi dalam sejumlah baris dan kolom. Perlu ditentukan juga jarak antar baris dan kolom berikut arah duplikasinya.
Circular Pattern         : Digunakan  untuk  membuat  pola  melingkar  dari suatu obyek dengan menentukan sumbu pusat perputaran, jumlah duplikasi dan sudut yang melingkupi.
Offset                         : Untuk  membuat  bentuk  geometri  yang  sebangun dengan bentuk obyek yang dipilih dengan menentukan jarak tertentu dari obyek aslinya.
3.  Kelompok Command Transformasi


Extend                       : Digunakan untuk memperpanjang suatu garis atau kurva sampai titik perpotongan terdekat dengan kurva yang lain.
Move                      : Digunakan untuk menggeser bentuk obyek dengan pergeseran tertentu. Di dalamnya juga terdapat menu Copy, sehingga benda yang digeser akan diduplikasi ke titik tujuan pergeserannya.
Trim                           : Digunakan  untuk  memotong  garis  atau  kurva  di dalam ruas yang berpotongan dengan garis atau kurva lain.
Rotate                        : Digunakan   untuk   memutar   obyek   yang   dipilih dengan  menentukan  titik  pusat  perputaran  dan sudut putarnya. Di dalamnya juga terdapat menu Copy sehingga benda yang diputar akan diduplikasi ke sudut tujuan perputarannya.



 4.  Kelompok Command Anotasi


General Dimension    : Digunakan untuk memberikan ukuran secara umum dan manual.
Auto Dimension         : Digunakan   untuk   menentukan   ukuran   secara otomatis  dengan  hanya  memilih  bentuk  geometri
yang akan diberikan ukuran.

5.   Project Geometry

Tool ini berguna untuk memproyeksikan suatu bentuk geometri yang sudah ada ke atas bidang Sketch. Bentuk yang diproyeksikan dapat berupa bidang, sumbu atau titik pusat Origin, atau proyeksi elemen dari bentuk part. Geometri yang diproyeksikan menjadi referensi dalam pembuatan sketch dan bersifat asosiatif, artinya apabila bentuk geometris asli yang diproyeksikan berubah, maka hasil proyeksi akan menyesuaikan dengan  perubahan  bentuk  geometri  aslinya.  Dengan  dropdown  dapat dipilih pula tool Project Cut Edges, yang akan langsung menggambarkan bentuk geometrik hasil perpotongan apabila ada bagian part atau bentuk geometrik lain yang memotong bidang Sketch. Bedanya disini, geometri hasil Project Cut Edges tidak bersifat asosiatif dan tidak akan terupdate lagi ketika bentuk geometri aslinya berubah.


6.  Batasan Geometris

Constraints secara otomatis akan diaplikasikan begitu anda membuat sketch. Simbol Batasan pada kursor menunjukkan tipe dari batasan tersebut. Constraints mencegah perubahan yang tidak diinginkan ketika ukurannya diubah atau referensi dari bentuk geometri dihilangkan.
Dalam Inventor dikenal apa yang dinamakan Derajat Kebebasan (Degree of Freedom). Derajat Kebebasan ini menunjukkan sejauh mana sebuat Object Sketch dapat berubah bentuk dan ukurannya. Constraint digunakan untuk membatasi derajat kebebasan tersebut.
Sumber : Modul pembelajaran inventor, Fakultas Teknik, UNY.

1 komentar: